Resume Tentang Mahasiswa S1 Unusa Melakukan Skrinning Anemia


Mahasiswa S1 Kesma Universitas Nasional melakukan skrining anemia lanjutan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hasanah, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu mata kuliah, yaitu Kesehatan Masyarakat.

Tim mahasiswa yang terdiri dari 10 orang ini dipimpin oleh dr. Rizki Amalia, M.Kes. Mereka melakukan skrining anemia pada 100 santri Ponpes Nurul Hasanah. Skrining ini menggunakan metode pengukuran kadar hemoglobin (Hb) dalam darah.

Hasil skrining menunjukkan bahwa 34 santri atau 34% dari total santri yang diperiksa mengalami anemia. Anemia ringan ditemukan pada 24 santri, sedangkan anemia sedang ditemukan pada 10 santri.

Tim mahasiswa juga melakukan edukasi kesehatan kepada santri dan guru Ponpes Nurul Hasanah tentang pentingnya menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Mereka juga memberikan penyuluhan tentang cara mengatasi anemia, seperti mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin.

Kegiatan skrining anemia lanjutan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, khususnya dalam mengatasi anemia.


Lihat juga Blog teman saya: Dias

Komentar

Postingan Populer